Wednesday 19 September 2018

Sensor CMOS atau CCD ? NIKON D3100 VS D40x

Hei Pernah dengar kamera dengan sensor CCD atau CMOS ? 
Kamera digital sekarang ini sudah menjadi barang umum mengikuti penurunan harga jualnya. Salah satu penggerak di belakang penurunan harga adalah dengan diperkenalkannya sensor CMOS. Sensor CMOS sangat jauh lebih murah untuk dirakit dibandingkan sensor CCD.




Baik sensor CCD (Charge-Coupled Device) maupun CMOS (Complimentary Metal-Oxide Semiconductor) berfungsi sama yaitu mengubah cahaya menjadi elektron. Untuk mengetahui cara sensor bekerja kita harus mengetahui prinsip kerja sel surya. Anggap saja sensor yang digunakan di kamera digital seperti memiliki ribuan bahkan jutaan sel surya yang kecil dalam bentuk matrik dua dimensi. Masing-masing sel akan mentransform cahaya dari sebagian kecil gambar yang ditangkap menjadi elektron. Kedua sensor tersebut melakukan pekerjaan tersebut dengan berbagai macam teknologi yang ada.

Sensor CCD (Charge-Coupled Device)
Sensor CMOS (Complimentary Metal-Oxide Semiconductor)

Sensor CCD memerlukan proses pembuatan secara khusus untuk menciptakan kemampuan memindahkan elektron ke chip tanpa distorsi. Dalam kata lain, sensor CCD menjadi lebih baik kualitasnya dalam ketajaman dan sensitivitas cahaya. Lain halnya, chip sensor CMOS dibuat dengan cara yang lebih tradisional dengan cara yang sama untuk membuat mikroprosesor. Karena proses pembuatannya berbeda, ada beberapa perbedaan mendasar dari sensor CCD dan CMOS:
• Sensor CCD, seperti yang disebutkan di atas, kualitasnya tinggi, gambarnya low-noise. Sensor CMOS lebih besar kemungkinan untuk noise.
• Sensitivitas CMOS lebih rendah karena setiap pixel terdapat beberapa transistor yang saling berdekatan. Banyak foton mengenai transistor dibandingkan dioda-foto.
• Sensor CMOS menggunakan sumber daya listrik yang lebih kecil.
• Sensor CCD menggunakan listrik yang lebih besar, kurang lebih 100 kali lebih besar dibandingkan sensor CMOS.
• Chip CMOS dapat difabrikasi dengan cara produksi mikroprosesor yang umum sehingga lebih murah dibandingkan sensor CCD.
• Sensor CCD telah diproduksi massal dalam jangka waktu yang lama sehingga lebih matang. Kualitasnya lebih tinggi dan lebih banyak pixelnya.
Berdasarkan perbedaan tersebut, dapat lihat bahwa sensor CCD lebih banyak digunakan di kamera yang fokus pada gambar yang high-quality dengan pixel yang besar dan sensitivitas cahaya yang baik. Sensor CMOS lebih ke kualitas di bawahnya, resolusi dan sensitivitas cahaya yang lebih rendah. Akan tetapi pada saat ini sensor CMOS telah berkembang hampir menyamai kemampuan sensor CCD. Kamera yang menggunakan sensor CMOS biasanya lebih murah dan umur baterainya lebih lama.
Apa kelemahan dan kekurangan CMOS dibanding CCD? CMOS memiliki keunggulan dimana ongkos produksi murah sehingga harga kamera lebih terjangkau. Sedangkan CCD memiliki keunggulan dimana sensor lebih peka cahaya, jadi pada kondisi redup (sore/ malam) tanpa bantuan lampu kilat masih bisa mengkap obyek dengan baik, sedangkan pada CMOS sangat buram.
Link Sumber :
______________________________________________________________________________________________________
TAPI sekarang sensor CMOS ..
Namun di tahun tahun belakangan (red:2018) ini, pabrikan kamera profesional terus membuat teknologi yang baru,  membuat Sensor CMOS lebih canggih dan meninggalkan sensor CCD. Persaingan antar pabrik raksasa kamera mulai berlomba membuat kamera dengan sensor supernya, tidak hanya pada ukuran sensor yang membedakan ( Full frame - Medium Format -APSC/crop factor dll) namun dalam sensitifitas cahaya nya. Teori tentang Sensor CCD yang lebih peka cahaya dan low Noise mulai tergeser oleh teknologi sensor CMOS baru ini. seperti halnya sensor milik Kamera Sony A7series yang luar biasa dalam menghadapi Lowlight, dan pastinya pabrikan lain memiliki seri kamera yang tak kalah hebatnya.
Contoh video Sony dalam menghadapi lowlight https://www.youtube.com/watch?v=a1W-bPyYR0k
________________________________________________________________________
walau mulai ditinggalkan, di bawah ini ada beberapa contoh perbedaan Sensor CMOS dan CCD pada kamera entrylevel
CONTOH HASIL SENSOR CCD VS CMOS
NIKON D40x VS NIKON D3100








tag
NIKON D3100 NIKON D40x CCD CMOS VERSUS 

No comments:

Post a Comment